Related Item

Rabu, 08 Februari 2017

Makanan yang mengganggu metabolisme tubuh

Berikut ini ada beberapa contoh makanan yang bisa mengganggu metabolisme tubuh.


1. Minuman bersoda dapat berpengaruh buruk terhadap sistem metabolisme tubuh. Karena soda mengandung pemanis fruktosa dari sirup jagung atau High Fructose Corn Syrup (HFCS). Kandungan pemanis HFCS ini sering ditemukan pada banyak makanan olahan dan soft drinks di Amerika. Bisa menimbulkan efek samping yang mengganggu metabolisme tubuh. 


Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menjelaskan lebih lanjut hubungan antara HFCS dan obesitas. HFCS dapat menyebabkan obesitas karena efek negatif pada sistem metabolisme. Bahkan, konsumsi sirup jagung fruktosa dalam jumlah banyak dapat menyebabkan sesuatu yang disebut "sindrom metabolik". Merupakan salah satu faktor dari risiko terkena diabetes, penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, meminum segelas soda mungkin bisa menganggu sistem metabolisme Anda. 

2. Margarin
Kebanyakan lemak trans sudah sulit ditemui di produk makanan. Namun lemak trans masih bisa dijumpai dalam margarin maupun pastry. Lemak trans dalam margarin dapat menyebabkan masalah serius pada metabolisme karena menyebabkan resistensi insulin. Insulin sendiri merupakan hormon yang digunakan dalam lemak dan karbohidrat di sistem metabolisme. Sementara resistensi insulin menyebabkan fungsi metabolisme menjadi lebih lambat dan menyebabkan kenaikan berat badan. Karena tubuh lebih gampang menyimpan lemak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Topic