Related Item

Kamis, 10 Oktober 2013

Tidak Sarapan Produksi Insulin Bisa Meningkat


Sarapan atau makan pagi adalah makanan yang disantap pada pagi hari. Waktu sarapan biasanya dimulai dari pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 10.00 pagi.

Berdiet sering dijadikan alasan untuk melewatkan beberapa jam makan termasuk sarapan. Sebenarnya cara diet ini justru akan merugikan kesehatan. Efeknyapun akan dirasakan dalam jangka panjang.

Melewatkan sarapan bisa meningkatkan respon insulin. Pasalnya dengan tidak sarapan berarti Anda berpuasa dalam waktu yang cukup lama. Sewaktu menikmati makanan pertama di siang hari bisa meningkatkan respon insulin dalam tubuh.

Produksi insulin yang meningkat sangat mempengaruhi kadar gula dalam darah. Tidak menutup kemungkinan jika akan meningkatkan risiko obesitas. Selain itu juga mempengaruhi terjadinya timbunan lemak di tubuh yang berisiko pada kenaikan berat badan.

Sebenarnya untuk menyajikan menu sarapan tidak sesulit yang dibayangkan. Cukup buatkan menu sarapan praktis dengan bahan makanan yang mengandung nutrisi lengkap. Seperti vitamin, protein, kalsium, karbohidrat dan serat.

Menu praktis yang bisa disajikan adalah telur rebus, omelet sayuran, buah potong, susu, roti gandum dengan selai kacang, yogurt dan smoothies. Agar tidak bosan, menu sarapan menyehatkan ini bisa disajikan secara berselingan.

Jika selalu rutin sarapan, tubuhpun akan mendapatkan banyak energi untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam melakukan aktivitas sepanjang hari. Produksi hormon insulinpun tidak jadi meningkat, sehingga akan terhindar dari risiko diabetes.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar