Related Item

Kamis, 22 September 2016

Makanan ini bisa menghindari anda dari kanker prostat


Sebaiknya Sejak muda kita perhatikan asupan makanan dan minuman untuk mencegah timbulnya penyakit di kemudian hari.Jumlah pria yang terkena kanker prostat makin meningkat.



Hampir 30 juta pria Amerika alami pembesaran prostat. Sebanyak 200.000 didiagnosa mengidap kanker prostat. Prostat adalah bagian sistem reproduksi pria yang memproduksi cairan semen.


Saat sehat, ukurannya sebesar walnut, tetapi seiring bertambahnya usia prostat terus tumbuh bahkan bisa sebesar lemon pada usia 60. Pembesaran biasa terjadi pada pria diatas 50 dan membuat sulit buang air. Tetapi tidak semua pembesaraan menyebabkan kanker.

Amerika dan Eropa punya penderita prostat lebih tinggi dibanding Asia dan Afrika. Peneliti berkesimpulan hal ini dipengaruhi oleh jenis makanan. Untuk menjaga kesehatan prostat, sebaiknya pria memperhatika asupan makanan dan minuman sejak muda. Sebagai contoh, thedailymeal.com (13/9/16) mmeberikan rekomendasi makanan dan minuman ini.

1.Alpukat dan lemak nabati lain
Studi pada 4500 pria dengan diagnosa kanker prostat stadium awal ditemukan bahwa mereka yang makan lemak nabati kemungkinan kecil meninggal akibat kanker daripada yang konsumsi lemak hewani. Ini karena konsumsi lemak nabati menyebabkan sel kanker tidak menyebar ke organ tubuh lain.

2.Ikan tinggi lemak
Analisa American Society for Nutrition menunjukkan, peningkatan konsumsi ikan berkorelasi dengan penurunan 63% kematian akibat kanker prostat. Jadi, ikan tinggi lemak seperti salmon lebih sehat. Tetapi belum ada bukti penelitian konsumsi ikan berlemak bisa cegah kanker prostat.

3.Goji Berry
Khasiat kesehatan goji berry dikenal hampir 6.000 tahun yang lalu. Penelitian menunjukkan bahwa lycium polisakarida barbarum (LBPs), senyawa dalam buah ini dapat menurunkan tumor di prostat tikus.

4.Teh Hijau
Epigallocatechin-3-gallate dalam teh hijau dapat mematikan sel kanker prostat tanpa mempengaruhi sel non-kanker. Uji klinis dilakukan pada pasien kanker prostat dan terbukti teh hijau dapat menunda atau mencegah perkembangan kanker ini.

5.Jus Delima
Antioksidan delima dapat menghancurkan sel kanker prostat. American Urological Association (2009) menyebutkan minum 200 g jus delima setiap hari memperlambat perkembangan kanker prostat dengan mengurangi antigennya.

6.Kedelai
Pembesaran prostat pada pria Asia tidak secepat pria Barat diperkirakan karena perbedaan konsumsi kedelai. Kedelai mengandung phytoestrogen, yang berkaitan dengan enzim penyebab siklus hidup sel kanker prostat.

7.Jangan sering minum susu
American Society for Nutrition melaporkan asupan susu segar berkaitan dengan angka kematian akibat kanker prostat. Namun, susu skim dan rendah lemak berisiko lebih rendah.

8. Hindari daging olahan
Hot dog dan daging olahan lain yang dimasak pada suhu tinggi terbukti menyebabkan kanker termasuk prostat. Karena mengandung heterocyclic amine, senyawa mutagenik yang mengubah DNA dan meningkatkan risiko kanker. Daging merah dari sapi, babi, domba, dan kambing dapat mengembangkan kanker. World Cancer Research Fund menyarankan daging ini tidak dikonsumsi lebih dari 500 gram per minggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar