Related Item

Rabu, 22 Juli 2020

Obat demam dan mulas pakai daun pepaya

Daun pepaya mengandung phytochemical yang tinggi seperti saponin, tanin, alkaloid, dan flavonoid. Selain itu, daun pepaya juga mengandung B-Karoten yang bermanfaat untuk membersihkan darah serta meningkatkan peredaran darah.

Mengutip dari situs Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat, Kementerian Pertanian, daun pepaya bermanfaat untuk menurunkan demam dan meredakan mulas. 

Seseorang yang mengalami demam ditandai dengan suhu tubuh yang mencapai lebih dari 38 derajat Celcius. Selain itu, penderita demam juga akan menampakkan gejala seperti sakit kepala, berkeringat, mengigil, lemas, nyeri otot, dan kehilangan nafsu makan.  

Demam bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari infeksi virus, bakteri, sampai efek samping dari vaksinasi difteri dan tetanus misalnya.  

Ada banyak obat dokter yang bisa digunakan untuk menurunkan demam. Kalau mau pakai obat yang alami, mungkin bisa mencoba rebusan air daun pepaya.
minum air rebusan daun pepaya.

Berikut cara membuat rebusan daun pepaya untuk menurunkan demam dan mulas.  

Bahan 
  • Satu lembar daun pepaya muda 
  • Asam secukupnya 
  • 110 ml air 
Anda cuci bersih daun pepaya muda dan asam. Kemudian Anda rebus daun pepaya muda dan asam ke dalam air mendidih selama 10 menit-15 menit.  

Setelah itu Anda saring dan diperas. Anda minum air rebusan daun pepaya tersebut dua kali sehari dengan takaran 100 ml. Anda bisa meminum air rebusan daun pepaya tersebut selama empat hari.  

Bila kondisi Anda tidak kunjung membaik sebaiknya Anda menghubungi dokter untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Topic